Thursday, May 28, 2009

Pedoman Diet Golongan Darah

Golongan darah : A
Anda dianjurkan menjadi vegetarian, atau mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak. Pasalnya, kadar asam lambung Anda rendah, sehingga sulit mencerna daging, susu dan produk susu. Mereka juga berpotensi besar menyimpan lemak, sehingga beresiko obesitas.

Golongan darah : B
Anda bisa mengkonsumsi makanan yang cukup beragam. Keseimbangan enzim lambung yang cukup baik membuat Anda dapat mencerna berbagai produk hasil olahan susu. Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari, misalnya daging ayam. Bila makanan yang dikonsumsi tidak sesuai, resiko terkena virus yang bisa menyerang sistem saraf cukup tinggi.

Golongan darah : AB
Pola makan yang ideal bagi Anda adalah gabungan dari tipe golongan darah A & B. Kadar asam lambung Anda agak rendah sehingga sulit mencerna daging khususnya daging asap. Namun, Anda masih diperkenankan mengkonsumsi susu, meski tidak terlalu banyak. Kalsium dalam susu dibutuhkan karena tubuh golongan darah AB memiliki kemampuan yang rendah dalam menghasilkan fofatase alkalin, sehingga memicu terjadinya keropos tulang lebih cepat dibandingkan tipe yang lain.

Golongan darah : O
Anda dianjurkan mengkonsumsi makan tinggi protein dan rendah karbohidrat. Berhubung memiliki asam lambung yang cukup tinggi, disarankan mengkonsumsi protein hewani. Karena memiliki kadar hormon tiroid rendah, disarankan makan makanan yang mengandung yodium, seperti seafood (utk mengaktifkan fungsi tiroid). Resiko terkena penyakit radang (maag dan radang usus 12 jari) dan kerusakan organ (seperti arthritis) cukup besar bila mengkonsumi makanan yang tidak sesuai.

Sumber: Tips sehat dari Majalah Femina

No comments: